Pajak Daerah dan Retribusi

By Dinas Pajak 12 Apr 2018, 10:48:52 WIBPajak

Pajak Daerah dan Retribusi

Keterangan Gambar :


Berita Populer

Berita Terkait

Semua kabupaten dan kota di Indonesia diwajibkan mengelola Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Sektor Perdesaan dan Perkotaan (P2) mulai 1 Januari 2014.

Pengalihan ini merupakan bentuk tindak lanjut kebijakan otonomi daerah dan desentralisasi fiskal, sebagaimana yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD).

"Dengan adanya pengalihan ini maka kegiatan pendataan, penilaian, penetapan, pengadministrasian, pemungutan/penagihan dan pelayanan PBB-P2 akan diselenggarakan oleh kabupaten atau kota," kata Kepala Seksi Hubungan Eksternal Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan Chandra Budi seperti dikutip dari situs Setkab, Tujuan pengalihan pengelolaan PBB-P2, kata Chandra, adalah untuk memberikan kewenangan yang lebih besar dalam perpajakan dengan memperluas basis pajak dan penetapan tarif pajak. Kewenangan tersebut tertuang dalam pasal 80 UU PDRD, di mana masing-masing kabupaten/kota dapat menentukan tarif PBB-P2 sendiri dengan ketentuan paling tinggi sebesar 0,3 persen.

Pada saat PBB-P2 dikelola oleh pemerintah pusat, kabupaten/kota hanya mendapatkan bagian sebesar 64,8 persen dari jumlah penerimaan PBB-P2 diwilayahnya. Sementara itu, dengan adanya pengalihan pengelolaan PBB-P2, maka penerimaan PBB-P2 akan sepenuhnya masuk ke pemerintah kabupaten/kota. Hal ini diharapkan akan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Jasa Konsultan Pajak 05 Jun 2018, 10:29:25 WIB

    Wah, mudah-mudahan dengan pengalihan ini mampu meningkatkan penghasilan daerah.

    Btw, ngomong-ngomong tentang pajak, kenapa ya masih saja begitu banyak yang kurang "melek" terhadap aturan pajak dari pemerintah.
    Hal ini khususnya buat para pelaku usaha perorangan maupun badan usaha.

    Rata-rata alasan mereka sih bilang gak terlalu paham tentang pajak, padahal menurut saya ini hanya sekedar alasan saja buat ngeles.
    Toh kalaupun bener-bener gak paham kan bisa pakai jasa konsultan pajak, simple kan..?
    Tapi ya begitulah para pengusaha yang gak taat pasti selalu punya seribu alasan buat gak bayar pajak.

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Social Media

Kunjungi kami di facebook, twitter, dan Instagram dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

E Filling



Statistik Pengunjung

  • Jasa Konsultan Pajak

    Wah, mudah-mudahan dengan pengalihan ini mampu meningkatkan penghasilan daerah. Btw, ...

    View Article
  • test

    nice info ...

    View Article